Apa itu ADBO ? ADBO atau yang sering disebut dengan Analisa Dan Desain Sistem Berorientasi Objek adalah metode analisis yang memeriksa requirements dari sudut pandang kelas kelas dan objek yang ditemui dalam ruang lingkup permasalahan yang mengarahkan arsitektur software yang didasarkan pada manipulasi objek-objek system atau subsistem.
Ciri - ciri dari ADBO adalah seperti berikut :
Pada Tahun 1996 menurut Gora semua metodologi analisis dan perancangan berorientasi objek mempunyai kesamaan dalam hal objek, kelas, inheritance, dan relationship.
Tiga karakteristik kunci pendekatan berorientasi objek untuk pengembangan sistem (Yourdan,1994) yaitu :
- Abstraksi yaitu mekanisme yang menyederhanakan realitas yang kompleks menjadi model yang lebih sederhana.
- Enkapsulasi yaitu mekanisme yang menyembunyikan implementasi objek sehingga komponen lain tidak akan menyadari bagaimana data itu disimpan pada objek.
- Inheritance yaitu mekanisme menurunkan atribut dan fungsi dari suatu superkelas ke subkelas dalam suatu hirarki.
Pada bagian ini akan di jelaskan tentang kelebihan dari ADBO dalam membuat rancangan sebuah sistem. Berikut adalah penjelasan kelebihan dari ADBO.
- Dibandingkan dengan metode SSAD, OOAD lebih mudah digunakan dalam pembangunan sistem.
- Tidak ada pemisahan antara fase desain dan analisis, sehingga meningkatkan komunikasi antara user dan developer dari awal hingga akhir pembangunan sistem.
- Analis dan programmer tidak dibatasi dengan batasan implementasi sistem, jadi desain dapat diformliasikan yang dapat dikonfirmasi dengan berbagai lingkungan eksekusi.
A. UML
Berikut ini akan di jelaskan tentang UML atau yang di sebut juga dengan Unified Modeling Language. UML merupakan satu kumpulan konvensi pemodelan yang digunakan untuk menentukan atau menggambarkan sebuah sistem software yangterkait dengan objek (Whitten L. Jeffery et al, 2004). Sementara itu menurut Henderi (2007: 4) Unified Modeling Language (UML) adalah sebuah bahasa pemodelan yang telah menjadistandar dalam industri software untuk visualisasi, merancang, dan mendokumentasikansistem perangkat lunak.
Pada Bagian Ini akan di jelaskan kegunaan dari Unified Modeling Language (UML) yang biasanya biasanya digunakan untuk Menggambarkan batasan sistem dan fungsi-fungsi sistem secara
umum, dibuat denganuse case dan actor, Menggambarkan kegiatan atau proses bisnis yang dilaksanakan secara umum, dibuatdengan interaction diagrams dan juga memiliki kegunaan untuk Menggambarkan representasi struktur statik sebuah sistem dalam
bentuk class diagrams.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar